Sunday, March 28, 2010

Komputer Lebih Aman Dengan UPS

Sekarang lagi Musim hujan dan disertai petir, belum lagi jika hujan listrik suka padam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada Perangkat Elektronik jika sering terjadi, khususnya komputer.

Mungkin dari kita jarang mempertimbangkan menggunakan UPS di komputer kita. Karena mahalnya UPS ataupun tidak mengetahui fungsi dari UPS. Padahal kalau kita tahu, UPS banyak manfaatnya bagi Komputer.

Apakah UPS itu? UPS atauUninterruptible Power Suplay adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai back up sebagai satuan daya alternatif, untuk memberikan suplay daya yang tidak terganggu untuk perangkat elektronik yang terpasang. UPS merupakan sistem penyedia daya listrik yang sangat penting dan diperlukan sekaligus dijadikan sebagai benteng dari kegagalan daya serta kerusakan sistem dan hardware.

Fungsi UPS bagi Komputer
  • Dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama
  • Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera melakukan back up data dan mengamankan Sistem Operasi (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama padam
  • Menstabilkan tegangan listrik sehingga suplemen listrik untuk komputer selalu stabil
  • Dengan stabilnya listrik yang masuk ke komputer melalui UPS maka sofware dan hardware di dalam komputer pun tidak akan mudah rusak
(kebanyakan yang menyebabkan kerusakan pada hardware komputer adalah ketidakstabilan listrik yang masuk ke komputer / seringnya listrik padam dan komputerpun shutdown tanpa sesuai prosedur)

4 comments:

  1. informasi yang menarik sob, soalnya saya juga baru ganti power suplay...

    ReplyDelete
  2. Saya pernah mati lampu saat itu, sebelum pakai UPS. Langsung komputer saya rusak. Untung sekarang sudah bisa beli laptop.

    Silakan berkunjung balik mas, daftar les privat dengan internet marketer top indonesia, gratis.

    ReplyDelete
  3. Kebetulan aku udah pake juga SOb...lumayan lah ada jeda 10 Menit buat matiin dulu klo pas mati lampu hhe.......

    ReplyDelete
  4. sy bLm pake UPS tuh, agak mahaL seh harganya.
    doain yea biar sy mampu tuk bL UPS.

    ReplyDelete